Seperti yang kita ketahui ada banyak sekali momen penting pada saat bulan Dzulhijjah salah satunya yaitu merayakan hari raya idul Adha yang dilakukan setiap tanggal 10 Dzulhijjah.

Di hari tersebut, umat Islam harus melaksanakan salat idul Adha kemudian dilanjutkan dengan memotong hewan kurban.

Untuk tata cara shalat idul Adha ini sebenarnya hampir sama dengan shalat idul Fitri, namun yang membedakannya adalah bacaan niatnya.

Seperti yang kita tahu salat idul Adha memang seringkali terlupa oleh beberapa orang, hal tersebut dikarenakan pelaksanaannya hanya sekali dalam satu tahun.

Untuk salat idul Adha ini dilakukan dua rakaat dan Sunnah nya dilakukan berjamaah. Supaya lebih lengkapnya lagi mari simpel apa duluan lengkap tata cara salat idul Adha beserta dengan niatnya.

Berapa Rakaat Sholat Idul Adha

Perlu kamu ketahui bahwa pelaksanaan salat idul Adha ini hanya dilakukan setahun sekali sebagai salah satu keutamaan bulan hijriyah.

Hal tersebutlah yang dapat memuat surat ini sangat dinantikan oleh seluruh umat Islam yang tidak melaksanakan ibadah haji.

Sehingga meskipun hukum salat idul Adha ini adalah sunnah, namun banyak orang yang memilih untuk menunaikannya.

Nah, salat idul Adha ini terdiri dari dua rakaat yang dilakukan pada pagi hari tepatnya usai matahari terbit dan sebelum waktu Zuhur. Lalu setelah itu dilanjutkan dengan penyembelihan hewan kurban.

Tata Cara Sholat Idul Adha

Nah, teruntuk kamu yang ingin menunaikan salat idul Adha. Maka kamu dapat menyimak panduan tata cara melakukan salat idul Adha berikut ini:

  1. Melafalkan niat shalat idul adha
READ  Doa Setelah Sholat Idul Adha yang Wajib Kamu Ketahui

أُصَلِّيْ سُنَّةً لعِيْدِ اْلأَضْحَى رَكْعَتَيْنِ (مَأْمُوْمًا/إِمَامًا) لِلّٰهِ تَعَـــالَى

Artinya: “Aku berniat shalat sunnah idul adha dua rakaat (menjadi makmum/ imam) karena allah ta’ala.”

  1. Membaca takbiratul ihram.

اللَّهُ أَكْبَرُ

Artinya: “Allah maha besar.”

  1. Membaca doa iftitah.

كَبِيْرًا وَالْحَمْدُ لِلّهِ كَثِيْرًا وَسُبْحَانَ اللهِ بُكْرَةً وَاَصِيْلًا. اِنِّى وَجَّهْتُ وَجْهِيَ لِلَّذِيْ فَطَرَالسَّمَاوَاتِ وَالْاَرْضَ حَنِيْفًا مُسْلِمًا وَمَا اَنَا مِنَ الْمُشْرِكِيْنَ. اِنَّ صَلَاتِيْ وَنُسُكِيْ وَمَحْيَايَ وَمَمَاتِيْ لِلّهِ رَبِّ الْعَا لَمِيْنَ. لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَبِذَلِكَ اُمِرْتُ وَاَنَا مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ.

Artinya: “Allah maha besar dengan sebesar besarnya,segala puji bagi Allah dengan ujian yang banyak. Maha suci Allah pada waktu pagi dan petang. Sesungguhnya aku hadapkan wajahku kepada Allah yang telah menciptakan langit dan bumi dengan segenap kepatuhan atau dalam keadaan tunduk, dan aku bukanlah dari golongan orang orang yang menyekutukan-nya. Sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidup dan mati ku hanyalah untuk Allah tuhan semesta alam,yang tidak ada sekutu baginya. Dengan yang demikian itulah aku di perintahkan. Dan aku adalah termasuk orang orang muslim”.

  1. Membaca takbir. Pada rakaat pertama dilakukan dengan 7 kali, di sela-sela antara takdir tersebut kamu dapat melafalkan doa “Allahu akbar kabira walhamdu lilahi katsira wa subhanallahi bukratan wa ashila” atau bisa juga “Subhanallah Wal hamdu lillah wa laa ilaha illallah wallahu akbar”.
  2. membaca surat al-fatihah dan surat lainnya seperti pada shalat biasanya.
  3. Rukuk.
  4. I’tidal.
  5. Sujud.
  6. Duduk di antara dua sujud.
  7. Berdiri untuk melanjutkan rakaat kedua.
  8. Di rakaat kedua ini sama dengan rakaat pertama, namun yang membedakannya yaitu takbir yang dilakukan hanya sebanyak 5 kali takbir. Untuk di sela-sela takbir tersebut kamu bisa melafalkan doa sama seperti rakaat pertama.
  9. Rukuk.
  10. I’tidal.
  11. Sujud.
  12. Duduk di antara dua sujud.
  13. Membaca tahiyat akhir.
  14. Mengucapkan salam.
READ  Cara Menghitung 1000 Hari Orang Meninggal Menurut Islam

Ketika kamu selesai melaksanakan salat Idul Adha, maka kamu dianjurkan untuk mendengarkan khutbah terlebih dahulu. Kecuali, jika shalat dilakukan sendiri dan tidak berjamaah.

Selain mempersiapkan hal tersebut tentunya, tidak lupa juga untuk menunaikan ibadah kurban bagi yang mampu.

Akhir Kata

Demikianlah penjelasan serta informasi yang dapat kami sampaikan mengenai berapa rakaat Sholat Idul Adha, semoga artikel kali ini bisa membantu serta bermanfaat bagi kamu yang masih bertanya mengenai shalat idul adha tersebut.

Write A Comment

Pin It