Baik, pada artikel kali ini kami akan membahas tentang cara memotong kuku menurut islam. Jika diantara kamu ingin mengetahui informasinya, silahkan simak ulasan artikel ini sampai selesai.

Dalam ajaran islam, kesehatan dan kebersihan adalah aspek yang paling penting untuk dijaga agar hidup tetap sehat. Salah satu tindakan yang cukup penting demi kesehatan tapi masih sering diabaikan yaitu memotong kuku.

Memotong kuku adalah salah satu sunnah yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW untuk menjaga kebersihan tubuh. Pasalnya, kuku yang terlalu panjang akan menjadi tempat berkumpulnya kotoran atau bakteri.

Dengan memotong kuku secara teratur, maka kita dapat mencegah hal yang tidak diinginkan seperti kotoran yang menumpuk pada kuku tersebut.

Cara Memotong Kuku Menurut Islam

Menurut islam, memotong kuku harus dilakukan dengan penuh kesadaran dan kehati-hatian. Adapun panduan lengkap yang bisa kamu terapkan untuk memotong kuku sesuai dengan ajaran islam:

1. Bersuci

Bersuci adalah salah satu hal paling penting dalam memotong kuku. Jadi sebelum memotong kuku, pastikan bahwa kamu sudah mengambil wudhu atau mandi (jika diperlukan).

Wudhu itu sendiri adalah salah satu tindakan membersihkan anggota tubuh yang biasa dilakukan sebelum melakukan ibadah. Berwudhu memang sangat penting untuk menjaga kesucian dan kebersihan sebelum melakukan aktivitas agama, termasuk dengan memotong kuku.

2. Pilih waktu yang tepat

Dalam ajaran islam, memotong kuku dianjurkan pada saat hari masih terang karena bertujuan untuk menjaga kebersihan dan mencegah potensi najis yang tidak terlihat. Jadi, hindarilah pemotongan kuku pada saat matahari mulai terbenam atau saat Adzan maghrib dan juga malam hari.

3. Niatkan dengan baik

Sebelum mulai memotong kuku alangkah baiknya niatkan terlebih dahulu dengan hati yang tulus dan ikhlas. Karena niat ini mencakup untuk menjaga kebersihan tubuh serta mengikuti sunnah Nabi Muhammad SAW.

4. Gunakan Alat pemotong kuku yang bersih

Selain itu pastikan juga bahwa gunting kuku yang kamu gunakan dalam keadaan bersih agar tidak ada kotoran lain yang menempel dikuku.

Jika perlu, silahkan cuci terlebih dahulu gunting kuku tersebut dengan air bersih dan sabun agar bersih, lalu keringan dengan baik sebelum digunakan. Karena jika kamu memotong kuku dengan alat pemotong kuku yang kotor atau rusak maka akan membahayakan kesehatan kuku dan kulit.

5. Mulai memotong kuku dengan tangan kanan

Dalam ajaran islam, kita disunnahkan untuk memotong kuku sesuai dengan trandisi yang contohkan oleh Rosulullah SAW.

Nah, untuk memulainya kamu bisa memotong kuku dari tangan kanan terlebih dahulu, mulai dari jari telunjuk, jari tengah, jari manis, lalu jari kelingking dan terkahir ibu jari (Jempol).

Setelah kuku tangan kanan sudah dipotong sesuai dengan aturannya, lanjut memotong kuku tangan kiri. Tahapan memotong kuku tangan kiri, kamu bisa memulai dari jari kelingking terlebih dahulu, lalu jari manis, jari tengah, jari telunjuk dan ibu jari (Jempol).

6. Potong kuku tangan secara merata

Dalam islam, memotong kuku tangan harus dilakukan dn shan penuh kehati-hatian dan kewaspadaan. Hindari pemotongan kuku yang terlalu pendek karena itu dapat menyebabkan iritasi atau luka pada kulit disekitarnya.

Jadi, alangkah baiknya potong kuku sejajar dengan ujung jari untuk mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan.

7. Hindari mencabut kuku

Jika kuku dicabut secara paksa, maka otomatis kulit yang ada disekitarnya akan rusak sehingga bisa menimbulkan rasa sakit atau bahkan infeksi. Oleh karena itu, daripada dicabut alangkah baiknya potong secara merata sesuai dengan ajaran islam.

8. Lanjutkan dengan memotong kuku kaki

Dalam ajaran islam, anjuran memotong kuku kaki yaitu dimulai dari jari kelingking kaki kanan sampai mencapai jari kelingking kaki kiri secara berurutan.

Silahkan kamu bisa memotong kuku kaki secara merata dan hindari mencabut kuku atau memotong kuku dengan terlalu pendek untuk mencegah infeksi.

9. Bersihkan kuku setelah dipotong

Pastikan terlebih dahulu bahwa kuku yang kamu potong sudah benar. Setelah itu silahkan kamu bersihkan kuku tersebut agad kotoran ikut keluar dan tubuh tetap terjaga dan bersih sesuai dengan ajaran islam.

Manfaat memotong kuku

Ada beberapa manfaat yang bisa kamu peroleh ketika memotong kuku, diantaranya seperti dapat memudahkan dalam berwudhu, dapat mencegah masalah kesehatan dan mengikuti sunnah Nabi Muhammad SAW.

Sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW dalam hadist berikut ini.

عَشْرٌ مِنْ الْفِطْرَةِ قَصُّ الشَّارِبِ وَإِعْفَاءُ اللِّحْيَةِ وَالسِّوَاكُ وَاسْتِنْشَاقُ الْمَاءِ وَقَصُّ الْأَظْفَارِ وَغَسْلُ الْبَرَاجِمِ وَنَتْفُ الْإِبِطِ وَحَلْقُ الْعَانَةِ وَانْتِقَاصُ الْمَاءِ قَالَ زَكَرِيَّاءُ قَالَ مُصْعَبٌ وَنَسِيتُ الْعَاشِرَةَ إِلَّا أَنْ تَكُونَ الْمَضْمَضَةَ

Artinya:

“Sepuluh hal yang termasuk fitrah, yaitu menggunting (menipiskan) kumis, memelihara (memanjangkan) jenggot, bersiwak (menggosok gigi), istinsyak (memasukkan air ke hidung ketika berwudhu), memotong kuku, membasuh sela-sela jari (barajim), mencabut (mencukur) bulu ketiak, mencukur bulu kemaluan, dan bersuci dengan menghemat air.” (HR Muslim, Abu Dawud, At-Tirmidzi, An-Nasai, dan Ibnu Majah)

Akhir kata

Mungkin itulah cara memotong kuku menurut islam yang bisa kami sampaikan dengan baik dan benar. Semoga bermanfaat.

Author

Write A Comment