Cara Mengobati Orang Kesurupan Menurut Agama Islam

Cara Mengobati Orang Kesurupan Menurut Agama Islam

Berikut ini kami kan membahas artikel tentang bagaimana caranya untuk mengobati orang yang kesurupan, bagi kamu yang belum mengetahui nya silahkan simak artikel di bawah ini.

Sebagai seorang muslim tentunya kita harus mempercayai bahwa makhluk ghaib itu ada, namun setiap makhluk ghaib itu ada yang mengganggu dan ada juga yang tidak.

Namun kita sering menyebutnya dengan sebutan jin atau setan, jin dan setan berbeda dengan kita manusia mereka terbuat dari api dan tidak bisa dilihat secara langsung oleh mata, itu lah mengapa jin dan setan di sebut dengan makhluk ghaib.

Orang yang mengalami kesurupan bisa terjadi karena beberapa faktor, bisabjadi ronag tersebut mengalami gangguan dan dapat kiriman dari orang lain dan ada juga yang tiba tiba tanpa sebab.

Namun di kehidupan yang nyata ini, baik lewat tv maupun video banyak sekali tayangan tayang orang mengalami kesurupan. Sering digambarkan juga untuk mengobati orang kesurupan cukup rumit. Bahkan ada yang memakai jampi jampi untuk mengatasinya dan juga ada yang melakukan ritual aneh.

Bisakah Kita Menyembuhkan orang yang Kesurupan?

Sebenarnya untuk mengobati orang kesurupan ini cukup sederhana, apalagi kita sebagai seorang muslim cara yang dilakukan pun pasti bersifat islami.

Sebelumnya perlu kamu ketahui apa itu kesurupan, kesurupan adalah dimana kita hilang kendali atas diri kamu sendiri seperti ada kekuatan yang lainnya yang sedang mengendalikan diri kamu.

Ciri kesurupan biasanya ditandai dengan adanya perubahan yang sangat drastis, contohnya seperti teriak teriak, melakukan tindakan yang bahkan sebelumnya belum pernah kamu lakukan.

READ  Firasat Hamil Anak Laki Laki Menurut Islam dan Sains

Kejadian kesurupan tersebut seringkali dikaitkan oleh orang orang yaitu dengan adanya roh ghaib, namun hal tersebut berbeda beda sesuai dengan budaya yang ada dilingkungan nya, karena ada juga yang bilang bahwa hal tersebut karena adanya gangguan mental, psikologi terganggu dan hal yang lainnya.

Oleh karena itu jika orang mengalami kesurupan maka orang tersebut akan kehilangan kesadaran nya dan akan bertindak seperti ada makhluk halus yang menguasai dirinya. Tetapi jangan khawatir karena para ulama telah memberikan panduan ataupun doa doa apa saja yang harus dilakukan ketika ada seseorang sedang mengalami kesurupan.

Cara yang pertama yang bisa menyembuhkan orang kesurupan yaitu terdapat keterangan dari kitab i’anah at Tholibin pada halaman 350 dan juz pertama bahwa untuk menyembuhkan orang kesurupan adalah sebagai berikut:

Cara Mengobati Orang Kesurupan

Menurut keterangan berikut cara menyembuhkan orang kesurupan yang pertama adalah dengan mengumandangkan adzan dke telinga orang tersebut yaitu sebanyak 7 kali baik di telinga bagian kanan maupun kiri.

Cara yang kedua adalah dengan membaca alfatihah yaitu sebanyak 7 kali, surat surat pendek seperti Annas, alfalaq dan juga Al ikhlas dan di sertai dengan bacaan ayat kursi.

Cara yang kedua tiga yaitu membaca surat Al hasyr dari tengah tengah surah hingga akhir surat tersebut selesai.

Cara terakhir yaitu membaca Surah as shoffat dari potongan ayat “faidza nazala bishaitimi” hingga surat tersebut selesai.

Selain cara tersebut orang muslim juga sering kali membaca ayat kursi ketika sedang ada orang yang kesurupan untuk bacaannya adalah:

اَللّٰهُ لَآ اِلٰهَ اِلَّا هُوَۚ اَلْحَيُّ الْقَيُّوْمُ ەۚ لَا تَأْخُذُهٗ سِنَةٌ وَّلَا نَوْمٌۗ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَمَا فِى الْاَرْضِۗ مَنْ ذَا الَّذِيْ يَشْفَعُ عِنْدَهٗٓ اِلَّا بِاِذْنِهٖۗ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ اَيْدِيْهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْۚ وَلَا يُحِيْطُوْنَ بِشَيْءٍ مِّنْ عِلْمِهٖٓ اِلَّا بِمَا شَاۤءَۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَۚ وَلَا يَـُٔوْدُهٗ حِفْظُهُمَاۚ وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيْمُ ٢٥٥

READ  Takut Mati Apakah Gangguan Jin?

Arti Ayat Kursi: Allah, tidak ada tuhan selain Dia, Yang Mahahidup lagi terus-menerus mengurus (makhluk-Nya). Dia tidak dilanda oleh kantuk dan tidak (pula) oleh tidur. Milik-Nyalah apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Tidak ada yang dapat memberi syafaat di sisi-Nya tanpa izin-Nya. Dia mengetahui apa yang ada di hadapan mereka dan apa yang ada di belakang mereka. Mereka tidak mengetahui sesuatu apa pun dari ilmu-Nya, kecuali apa yang Dia kehendaki. Kursi-Nya (ilmu dan kekuasaan-Nya) meliputi langit dan bumi. Dia tidak merasa berat memelihara keduanya. Dialah yang Mahatinggi lagi Maha agung.

Akhir kata

Itulah tadi artikel yang disampaikan mengenai cara orang mengobati kesurupan, semoga bisa membantu dan tentunya kita selalu dijauhkan dari hal hal seperti itu dan mintalah perlindungan terhadap Allah SWT.