Pada kesempatan kali ini, kami disini akan memberikan sebuah artikel yaitu mengenai cara mengucapkan hari raya idul adha, bagi kamu yang masih bingung ketika ingin mengucapkan di hari raya idul adha, silahkan untuk simak artikel berikut ini dengan baik.

Kita sebagai umat Islam memiliki 2 hari yang sangat agung, yaitu hari raya idul fitri dan juga hari raya idul adha. Hari raya idul Fitri di laksanakan ketika kita selesai melaksanakan puasa sebulan penuh yaitu di bulan suci ramadhan. Sedangkan hari raya idul adha di laksanakan untuk memperingati kisah nabi Ibrahim yang sering kita sebut dengan ibadah qurban.

Hari Raya Idul Adha

Hari raya idul adha di peringati di setiap tanggal 10 Dzulhijjah, sama hal nya seperti hari raya idul Fitri dimana kita akan melaksanakan sholat sunnat 2 rokaat yang sering kita laksanakan secara bersama sama baik di mesjid ataupun di lapangan.

Hari raya idul adha juga di sebut sebagai puncak nya dari ibadah haji, dimana seluruh umat Islam yang ada di penjuru dunia ini semua berkumpul di Makkah untuk melakukan serangkaian serangkaian ibadah haji yang telah di tentukan. Dan ibadah haji ini termasuk rukun Islam yang ke 5.

Namun jika kamu belum mampu untuk berangkat haji ke tanah suci, kamu bisa melakukan ibadah qurban karena hal tersebut juga termasuk cara kita untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dan ber qurban menjadi salah satu hal yang paling utama ketika hari raya idul adha tiba.

Hari raya idul adha ini mengingatkan kepada kita bahwasannya jalan menuju surga itu perlu pengorbanan dan pastinya taat terhadap perintah yang telah Allah tetapkan. Namun idul adha yang sekarang berbeda dengan idul adha di jaman nabi Ibrahim. Yang mana nabi Ibrahim di perintahkan Allah untuk menyembelih anaknya sendiri yaitu yang bernama nabi Ismail.

READ  Idul Adha Bulan Apa Dalam Islam?

Hal tersebut bukan adanya kesengajaan melainkan nabi Ibrahim yang mendapatkan mimpi yaitu pada tanggal 8 Dzulhijjah untuk menyembelih anaknya sendiri yang bernama nabi Ismail. Namun nabi Ismail meminta petunjuk kepada Allah dan ternyata sama selama tiga kali nabi Ibrahim tetap bermimpi yang sama.

Singkat cerita ketika nabi Ibrahim ingin menyembelih nabi Ismail Allah gantikan karena ketaatan nabi Ibrahim kepada Allah. Nabi Ismail pun Allah gantikan dengan seekor domba yang hingga sekarang di peringati sebagai hari tasyrik yaitu dari tanggal 10-13 Dzulhijjah.

Itukah cerita singkat tentang idul adha, dan sekarang bagaimana cara mengucapkan ketika hari raya idul adha tiba?

Cara Mengucapkan Hari Raya Idul Adha

Ketika hari raya tiba kita sering mengucapkan kata kata yaitu “Taqobalallahu Minna waminkum taqobbal ya kariim” yang mana arti dari kata tersebut adalah Semoga amal yang telah kita perbuat di terima di sisi Allah SWT.

Tetapi kita juga bisa mengucapkan dengan kata kata yang lain seperti:

  1. Jadikanlah hari raya idul adha ini sebagai wadah kita untuk belajar apa arti dari keikhlasan dan juga ketawadhuan. dan hewan seperti domba dan sapi itu hanyalah esensi bagi kita.
  2. Semoga di hari raya idul adha ini sebagai rasa cinta kita kepada Allah SWT dan pengorbanan kami yang telah kami korbankan sebagai bukti untuk selalu mendekatimu. Selamat hari raya idul adha.
  3. Orang yang mulia adalah orang yang bisa memafkan kesalahan orang lain, bersihkan diri dan sucikanlah hati. Selamat hari raya idul adha.

Akhir kata

Itulah artikel yang dapat di sampaikan mengenai cara mengucapkan hari raya idul adha, semoga apa yang di sampaikan bisa bermanfaat dan juga membantu terimakasih.

READ  Mengapa Seorang Hamba Harus Memiliki Rasa Cinta Kepada Allah SWT?

Write A Comment

Pin It