Do’a Sebelum Tidur Sesuai Sunnah dan Hadist

Do'a Sebelum Tidur Sesuai Sunnah dan Hadist

Sebagai umat muslim, kita dianjurkan untuk membaca do’a sebelum tidur sesuai sunnah Rasulallah SAW. Jika penasaran dengan do’a dan sunnahnya, silahkan bisa simak ulasan artikel ini sampai selesai untuk mengetahui penjelasannya.

Perlu kamu tahu, membaca do’a sebelum tidur dapat menunjukan kesadaran tentang keterbatasan dan kelemahan manusia saat mereka tertidur.

Sebagaimana dalam do’a tersebut seorang hamba memohon perlindungan kepada Allah SWT agar terhindar dari gangguan dan ancaman yang mungkin terjadi saat mereka tidur.

Selain itu, berdo’a sebelum tidur juga dapat mengingatkan kamu akan kebesaran Allah SWT dalam menciptakan alam semesta ini.

Sebagaimana Allah SWT berfirman dalam QS Ali-Imran ayat 190-191.

إِنَّ فِي خَلۡقِ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلۡأَرۡضِ وَٱخۡتِلَٰفِ ٱلَّيۡلِ وَٱلنَّهَارِ لَأٓيَٰتٍ لِّأُوْلِي ٱلۡأَلۡبَٰبِ

inna fii kholqis-samaawaati wal-ardhi wakhtilaafil-laili wan-nahaari la-aayaatil li-ulil-albaab

Artinya:”Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan pergantian malam dan siang terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi orang yang berakal,”
(QS. Ali ‘Imran 3: Ayat 190)

ٱلَّذِينَ يَذۡكُرُونَ ٱللَّهَ قِيَٰمًا وَقُعُودًا وَعَلَىٰ جُنُوبِهِمۡ وَيَتَفَكَّرُونَ فِي خَلۡقِ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلۡأَرۡضِ رَبَّنَا مَا خَلَقۡتَ هَٰذَا بَٰطِلًا سُبۡحَٰنَكَ فَقِنَا عَذَابَ ٱلنَّارِ

allaziina yazkuruunalloha qiyaamaw wa qu’uudaw wa ‘alaa junuubihim wa yatafakkaruuna fii kholqis-samaawaati wal-ardh, robbanaa maa kholaqta haazaa baathilaa, sub-haanaka fa qinaa ‘azaaban-naar

Artinya:”(yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri, duduk, atau dalam keadaan berbaring, dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata), “Ya Tuhan kami, tidaklah Engkau menciptakan semua ini sia-sia; Maha Suci Engkau, lindungilah kami dari azab neraka.”
(QS. Ali ‘Imran 3: Ayat 191)

do’a Sebelum Tidur Sesuai Sunnah

Selanjutnya, terdapat do’a sebelum tidur yang bisa dipanjatkan oleh setiap muslim. Berikut adalah do’a nya:

See also  3 Hadits Tentang Teman yang Baik, Wajib Kamu Pahami

اللَّهُمَّ بِاسْمِكَ أَحْيَا وَبِاسْمِكَ أَمُوتُ

Allahumma bismika ahya wabismika amúut

Artinya: “Ya Allah! Dengan nama-Mu aku hidup dan dengan nama- Mu juga aku mati.” (HR Bukhari dan Muslim dari Al-Barra)

Sunnah Sebelum Tidur

Ada pula sunnah yang dianjurkan setiap muslim sebelum tidur:

Berwudhu

Sebagaimana telah dijelaskan dalam suatu hadist. Rasulullah bersabda:

إذا أَنتَ مَضْجَعَكَ فَوَضَّأَ وُضُوءَكَ لِلصَّلَاةِ ثُمَّ اضْطَجِعْ عَلَى شَلَّكَ الأَيْمَنِ ثُمَّ قُل: اللَّهُم أَسْلَمْتُ وَجْهِي إِلَيْكَ وَفَوَّضْتُ أَمْرِي إِلَيْكَ وَالحَاتُ ظَهْرِي إِلَيْكَ رَغْبَةً وَرَهْبَةً إِلَيْكَ لَا ملحاً ولا منجا منك إلا إلَيْكَ اللهم انت بكتابك الَّذِي أَنزَلْتَ وَبَيِّكَ الَّذِي أَرْسَلْتَ

Idza anta madja’aka fawadhdho’a wudu’aka Lissholati tsummadh toji’ ala syallakal aymani tsumma qola: Allahuma aslamtuilaika wawajjahtuwajhii ilaika, wafawwadhtuamrii ilaika waalja’tudzahrii ilaika raghbatan waraghbatan ilaika laa maljaawalaa manjaa minka illa ilaika amantu bikitaabikalladzii anzaita wabinabiyyikalladzi arsalta

Artinya: “Jika kamu hendak tidur, hendaknya kamu berwudhu sebagaimana kamu berwudhu ketika hendak mengerjakan salat. Kemudian, berbaringlah ke arah sebelah kanan dan bacalah doa berikut: “Ya Allah, aku serahkan diriku kepada-Mu, aku hadapkan wajahku kepada-Mu, aku serahkan segala urusanku kepada-Mu, aku sandarkan punggungku kepada-Mu dengan rasa senang dan takut kepada-Mu. Tidak ada tempat perlindungan dan keselamatan melainkan hanya berharap kepada-Mu. Ya Allah aku beriman kepada kitab-Mu yang telah Engkau turunkan, dan kepada nabi-Mu yang telah Engkau utus.”

Membaca surah Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas

Sunnah lain yang bisa kamu kerjakan sebelum tidur yaitu membaca surah Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas. Ketiga surah tersebut dianjurkan dibaca sebanyak tiga kali.

Membaca Ayat kursi

Berikut adalah bacaan ayat kursi:

ٱللَّهُ لَآ إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ ٱلۡحَيُّ ٱلۡقَيُّومُ ۚ لَا تَأۡخُذُهُۥ سِنَةٞ وَلَا نَوۡمٞ ۚ لَّهُۥ مَا فِي ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَمَا فِي ٱلۡأَرۡضِ ۗ مَن ذَا ٱلَّذِي يَشۡفَعُ عِندَهُۥٓ إِلَّا بِإِذۡنِهِۦ ۚ يَعۡلَمُ مَا بَيۡنَ أَيۡدِيهِمۡ وَمَا خَلۡفَهُمۡ ۖ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيۡءٍ مِّنۡ عِلۡمِهِۦٓ إِلَّا بِمَا شَآءَ ۚ وَسِعَ كُرۡسِيُّهُ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلۡأَرۡضَ ۖ وَلَا يَئُودُهُۥ حِفۡظُهُمَا ۚ وَهُوَ ٱلۡعَلِيُّ ٱلۡعَظِيمُ

See also  Doa Awal Tahun Baru Islam dan Keutamaannya

allohu laaa ilaaha illaa huw, al-hayyul-qoyyuum, laa ta-khuzuhuu sinatuw wa laa na-uum, lahuu maa fis-samaawaati wa maa fil-ardh, mang zallazii yasyfa’u ‘ingdahuuu illaa bi-iznih, ya’lamu maa baina aidiihim wa maa kholfahum, wa laa yuhiithuuna bisyai-im min ‘ilmihiii illaa bimaa syaaa, wasi’a kursiyyuhus-samaawaati wal-ardh, wa laa ya-uuduhuu hifzhuhumaa, wa huwal-‘aliyyul-‘azhiim

Artinya:”Allah, tidak ada tuhan selain Dia. Yang Maha Hidup, yang terus-menerus mengurus (makhluk-Nya), tidak mengantuk dan tidak tidur. Milik-Nya apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Tidak ada yang dapat memberi syafaat di sisi-Nya tanpa izin-Nya. Dia mengetahui apa yang di hadapan mereka dan apa yang di belakang mereka dan mereka tidak mengetahui sesuatu apa pun tentang ilmu-Nya melainkan apa yang Dia kehendaki. Kursi-Nya meliputi langit dan bumi. Dan Dia tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Dia Maha Tinggi, Maha Besar.”(QS. Al-Baqarah 2: Ayat 255)

Membaca do’a

Sunnah terakhir sebelum tidur yaitu membaca do’a. Silahkan kamu bisa baca doa yang telah kami jelaskan di atas.

Akhir kata

Itulah artikel tentang do’a sebelum tidur sesuai sunnah Rasulullah SAW yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.