Bagi kamu yang ingin mengetahui doa setelah sholat idul adha, maka silahkan bisa simak penjelasan artikel ini sampai selsai untuk mengetahui do’anya.

Berdoa merupakan salah satu bentuk ibadah kepada Allah yang berupa seruan, permohonan atau permintaan pertolongan kepada Allah SWT sebagai wujud komunikasi seorang hamba kepada sang pencipta (Allah SWT).

Berdoa bisa kamu lakukan pada waktu-waktu tertentu sesuai keinginan, salah satunya yaitu pada saat setelah melaksanakan sholat idul adha. Biasanya, doa ini berisi permohonan ampunan dosa, keberkahan dan juga keselamatan.

Doa setelah sholat idul adha memang sangat dianjurkan karena merupakan salah satu ibadah yang dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT. Selain itu, doa tersebut juga bisa memperkuat keimanan dan ketaqwaan kita sebagai seorang hamba kepada Tuhan-Nya.

Sebagaimana Nabi Muhammad SAW bersama sahabatnya pada saat hijrah ke Madinah memanjatkan doa setelah melaksanakan sholat idul adha untuk memohon perlindungan dan keberkahan dari Allah SWT.

Nah, pada artikel kali ini kami akan membahas lebih lanjut terkait doa setelah sholat idul adha. Jika penasaran, silahkan bisa simak penjelasan selengkapnya ada di bawah ini!

Doa Setelah Sholat Idul Adha

Setelah sholat idul adha, umat muslim dianjurkan untuk bertakbir, tasbih, tahlil dan tahmid pada malam dua hari raya, yakni hari raya idul fitri dan idul adha. Oleh karena itu, sebelum menyumak khutbah maka hendaknya kita membaca takbir, tasbih, tahlil dan tahmid dengan bacaan berikut ini:

اَللَّهُ اَكْبَرْ كَبِيْرًا وَالْحَمْدُ لِلَّهِ كَثِيْرًا وَسُبْحَانَ اللَّهِ بُكْرَةً وَاَصِيْلاً ـ لآ اِلَهَ اِلاَّ اللَّهُ وَلاَنَعْبُدُ اَلاَّ اِيَّاهُ مُخْلِصِيْنَ لَهُ الدِّيْنَ وَلَوْكَرِهَ الْكَافِرُوْنَ لآاِل اِلاَّ اللَّهُ وَحْدَهُ صَدَقَ وَعْـدَهُ وَنَصَرَعَبِدَهُ وَاَعَزَّ جُنْدَهُ وَهَزَمَ الْأَحْزَابَ وَحْدَهُ لآ اِلَهَ اِلاَّ اللَّهُ . اَللَّهُ اَكْبَرْ اَللَّهُ اَكْبَرْ وَلِلَهِ الْحَمْدُ

READ  Niat dan Tata Cara Shalat Tahajud yang Perlu Kamu Tahu

“Allahu akbaru kabiiran walhamdu lillaahi katsiiraan, wa subhaanal-laahi bukrataw-wa ashillaan. Laa-ilaaha illallaahu walla na’budu alla iyyaahu mukhlishiina lahud-dina walawkarihal-kaafiruuna laa ilaaha illal-llahu wahdahu, shadaqa wa’dahu, wanashara abdahu, wa a’azza jundahu, wahazamal-ahzaaba wahdahu. Laa-ilaaha illallahu. Akbar allahu akbar walillahil hamdu”.

Artinya:
“Allah maha besar dengan segala kebesaran, segala puji bagi Allah sebanyak-banyaknya. Dan maha suci Allah sepanjang pagi dan sore. Tiada Tuhan selain Allah dengan keesaan-Nya. Dia menepati janji, menolong hamba dan memuliakan bala tentara-Nya serta melarikan musuh dengan keesaan-Nya. Tiada Tuhan selain Allah dan kami tidak menyembah selain kepada-Nya dengan memurnikan agama Islam meskipun orang kafir, munafiq, dan musyrik membencinya. Tiada Tuhan selain Allah, Allah maha besar. Allah maha besar dan segala puji bagi Allah.”

Setelah selesai sholat idul adha, maka kita sebagai umat muslim bisa membacakan doa berikut ini:

اَللّهُمَّ أَعْطِنِي خَيْرَ هَذَا الْيَوْمِ وَخَيْرَ مَا فِيْهِ، وَاْصرِفْ عَنِّي شَرَّهُ وَشَرَّ مَا فِيْهِ، اَللَّهُمَّ اكْتُبْ لِي فِيْهِ كُلَّ خَيْرٍ وَاجْعَلْنِي بَارًّا فِيْهِ بِوَالِدَيَّ، وَاجْعَلْنِي يَا الله مِنْ عِبَادِكَ الْمغْفٌوْرِ لَهُمْ فِي هَذَا الْيَومِ الْمُبَارَكَ، اللهُمَّ ارْحَم ْمَوْتَنا وَمَوْتَى الْمُسْلِمِيْنَ، .اللهم تَقَبَّلْ ِمنَّا الطَّاعَاتِ وَاغْفِر ْلَنَا الْخَطَايَا وَالسَّيِّئَاتَ.

” Allahumma’thini khaira hadzal yaum wa khaira ma fihi. Washrif anni syarra ma fihi. Allahummaktubli fihi kulla khairin waj’alni barran fihi bi walidayya, waj’alni ya Allah min ibadikal maghfur lahum fi hadzal yaum al-mubarak. Allahumarham mautana wa mautal muslimin. Allahumma taqabbal minna tha’ati waghfir lanal khathaya was sayyi’at”.

Artinya:
“Ya Allah berikanlah aku kebaikan dari hari ini, dan kebaikan dari setiap hal yang ada pada hari ini. Dan jauhkanlah aku dari kejelekan di hari ini dan kejelekan setiap sesuatu yang ada pada hari ini. Ya Allah catatlah pada hari ini setiap kebaikan dan jadikanlah kebaikan bagi kedua orang tuaku dan jadikanlah aku sebagai hamba-Mu yang Engkau ampuni pada hari yang berkah ini. Ya Allah ampunilah dosa para keluarga kami yang sudah meninggal dan seluruh kaum muslimin yang sudah meninggal. Ya Allah terimalah ketaatan kami dan ampunilah segala kesalahan dan keburukan yang telah kami perbuat.”

READ  Idul Adha Bulan Apa Dalam Islam?

Atau kamu bisa gunakan doa lain untuk memanjatkan doa kepada Allah SWT setelah sholat idul adha. Berikut adalah do’anya:

اَللَّهُمَّ ادْفَعْ عَنَّا الْغَلاَءَ وَالْبَلاَءَ وَالْوَباَءَ وَالْفَحْشَاءَ وَالْمُنْكَرَ وَالسُّيُوْفَ الْمُخْتَلِفَةَ وَالشَّدَائِدَ وَالْمِحَنَ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ مِنْ بَلَدِنَا هَذَا خَاصَّةً وَمِنْ بُلْدَانِ اْلمُسْلِمِيْنَ عَامَّةً إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْ

“Allahummadfa’ ‘annal ghalaa’a wal balaa’a wabaa’a wal fahsyaa’a wal munkara was suyuufal mukhtalifata wasy syadaa’ida wal mihana maadhahara minhaa wa maabaathana min balaadinaa haadhaaa khaassatan wa min buldaanil muslimiina aammatan. Innaka ‘alaa kulli syai’in qadiir”.

Artinya:
“Ya Allah Tuhan kami. Hindarkanlah kami dari malapetaka, bala dan bencana, kekejian dan kemunkaran, sengketa yang beraneka, kekejaman dan peperangan, yang tampak dan tersembunyi dalam negara kami khususnya, dan dalam negara kaum muslimin umumnya. Sesungguhnya Engkau Ya Allah Maha Berkuasa atas segala sesuatu.”

Akhir kata

Demikian ulasan artikel tentang doa setelah sholat idul adha yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat!

Write A Comment

Pin It