Idul adha merupakan salah satu hari raya atau hari besar kedua bagi umat Islam setelah hari raya idul Fitri.

Hari raya idul Adha ini jatuh setiap tanggal 10 Dzulhijjah menurut kalender Hijriyah atau 70 hari setelah hari raya idul Fitri.

Sama seperti hari raya idul Fitri, umat Islam juga akan melaksanakan salat sunnah idul Adha bersama-sama di masjid atau tanah lapang.

Hari raya idul ada ini menjadi salah satu puncak ibadah haji, di mana banyak sekali umat Islam dari seluruh dunia berkumpul di Makkah untuk melakukan rangkaian ibadah yang menjadi rukun Islam ke lima.

Teruntuk kamu yang masih belum mampu untuk mengerjakan ibadah haji, apakah kamu tidak perlu khawatir karena dengan berkurban juga dapat dijadikan salah satu cara mendapatkan diri kepadanya pada saat hari raya idul Adha.

Berkurban menjadi amalan utama idul Adha dengan cara melakukan penyembelihan hewan kurban. Seperti yang kita ketahui perayaan hari raya idul Adha ini tidak lepas dari kisah Nabi Ibrahim as dan putranya Nabi Ismail as.

Lantas, idul adha ini terjadi di bulan apa dalam Islam? Nah, bagi kamu yang belum mengetahuinya bisa menyimak penjelasan singkat di bawah ini.

Idul Adha Bulan Apa Dalam Islam

Seperti yang kita ketahui idul Adha dirayakan pada bulan Dzulhijjah menurut kalender Hijriyah.

Tidak hanya itu saja, bulan Dzulhijjah ini tentunya memiliki keistimewaan tersendiri dalam agama Islam dan bulan tersebut merupakan bulan ke-12 dalam kalender Hijriyah.

Bulan Dzulhijjah ini dianggap sebagai salah satu bulan yang paling suci dalam Islam, terutama karena perayaan haji dan idul Adha terjadi pada bulan tersebut.

READ  Tidak Boleh Potong Kuku Menjelang Idul Adha? Ini Dia Penjelasannya

Keistimewaan Bulan Dzulhijjah

Sedangkan untuk keistimewaan bulan Dzulhijjah ini sangatlah banyak, diantaranya yaitu sebagai berikut:

  1. Ibadah Haji

Seperti yang sudahkah kita sampaikan sebelumnya salah satu dari lima rukun Islam yang terjadi pada bulan Dzulhijjah yaitu ibadah haji.

Banyak sekali umat muslim dari seluruh dunia berkumpul di Mekah untuk melaksanakan rangkaian ibadah haji yang puncaknya adalah wukuf di Arafah pada tanggal 9 Dzulhijjah.

  1. Hari Arafah

Pada tanggal 9 Dzulhijjah yang dikenal sebagai hari arafah merupakan hari yang sangat penting.

Karena umat muslim yang tidak menunaikan haji dianjurkan untuk berpuasa pada hari tersebut, pahala dari puasa Arafah tersebut yaitu dapat menghapus dosa-dosa tahun sebelumnya dan tahun yang akan datang.

  1. Idul Adha

Idul Adha atau yang sering disebut dengan hari raya qurban dirayakan pada tanggal 10 Dzulhijjah. Pada hari tersebut umat muslim menyembelih hewan kurban seperti kambing kumang sapi atau unta untuk mengenang ketaatan Nabi Ibrahim kepada Allah SWT.

  1. 10 Hari Pertama Dzulhijjah

Untuk 10 hari pertama bulan Dzulhijjah ini dianggap sebagai hari-hari yang paling mulia dalam setahun. Di mana di hari tersebut, setiap amalan-amalan yang dikerjakan baik yang dilakukan akan mendapatkan pahala yang besar.

Sehingga puasa, dzikir dan amal sholeh lainnya sangat dianjurkan untuk dilakukan pada 10 hari pertama Dzulhijjah.

  1. Takbir Dan Dzikir

Bulan Dzulhijjah terutama dari tanggal 9 sampai 13 Dzulhijjah, umat Islam tentunya disunnahkan untuk memperbanyak takbir, tahmid dan tahlil.

Nah, bagi kamu yang bertanya idul Adha bulan apa dalam Islam? Maka jawabannya yaitu dirayakan pada bulan Dzulhijjah.

Akhir Kata

Mungkin itu saja penjelasan yang dapat kami sampaikan mengenai idul Adha bulan apa dalam Islam, semoga penjelasan kali ini bisa membantu dan bermanfaat.

READ  Cara Mengucapkan Hari Raya Idul Adha Pada Sesama Muslim

Write A Comment

Pin It