Jantung Berdebar Tiba Tiba Menurut Islam

Jantung Berdebar Tiba Tiba Menurut Islam

Pernahkah kamu mengalami jantung berdebar secara tiba-tiba? Sensasi ini tentu saja sangat mengganggu perasaan dan membuamu khawatir akan sesuatu. Untuk itu, silahkan kamu bisa simak ulasan artikel ini sampai selesai untuk mengetahui penyebab jantung berdebar tiba-tiba menurut islam beserta solusinya.

Pada dasarnya, jantung yang berdebar secara tiba-tiba dapat menjadi tanda perasaan yang tertekan, depresi dan penuh dengan kekhawatiran atau kecemasan. Kondisi seperti ini biasanya disebabkan oleh denyut jantung yang meningkat dengan cepat akibat kondisi jiwa yang tidak tenang.

Namun harus diperhatikan juga, jika jantung tersebut berdebar secara berlanjut, maka dapat memicu gangguan penyakit lain yang dikenal dengan istilah psikosomatik.

Penyakit psikosomatik ini adalah penyakit yang pada umumnya terjadi dikarena stress berlebihan. Penyakit ini melibatkan pikiran dan tubuh sehingga muncul penyakit fisik.

Nah, jika diantara kamu ingin mengetahui penjelasan lebih lanjut tentang jantung berdebar tiba-tiba menurut islam, silahkan bisa simak penjelasan lengkapnya ada di bawah ini.

Jantung Berdebar Tiba Tiba Menurut Islam

Penting sekali untuk dipahami bahwa jantung yang berdebar tiba-tiba merupakan salah satu gejala yang umum dan bisa disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya pengaruh emosi dan stres.

Pada umumnya, jantung yang berdebar secara tiba-tiba bisa dipengaruhi oleh emosi yang kuat dan stres atau depresi yang berlebihan seperti kemarahan, kecemasan atau bahkan ketakutan sehingga kondisi jiwa tidak tenang.

Nah, untuk meminimalisir masalah tersebut silahkan kamu bisa atasi dengan cara berikut ini.

  1. Menciptakan Ketenangan Hati

Cara pertama untuk mengatasi jantung yang berdebar tiba-tiba yaitu dengan bersikap tenang. Karena jika hati dipenuhi dengan kecemasan dan ketakutan, maka akan keluar hormon adrenalin yang dapat mengakibatkan jantung berdebar.

  1. Menjaga Keseimbangan Hidup
See also  5 Arti Mimpi Bertemu Orang yang Sudah Meninggal Menurut Islam

Kunci yang paling penting untuk menjaga kesehatan jantung yaitu degan menjaga keseimbangan hidup. Usahakan jangan terlalu banyak bekerja dalam rutinitas yang monoton, karena hal tersebut dapat menyebabkan stres yang berlebihan sehingga dapat kena langsung ke detak jantung yang berdebar.

Atur lah waktu sebaik mungkin untuk aktivitas yang bermanfaat bagi diri sendiri, kelola tugas dengan efisien dah atur prioritas hidup supaya bisa menciptakan keseimbangan hidup yang lebih baik.

  1. Menerapkan Pola Hidup Sehat dan lingkungan yang sehat

Terapkan pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan serat, vitamin dan mineral agar jantung tetap terjaga kesehatannya.

Kamu bisa mengkonsumsi buah-buahan, sayuran, biji-bijian dan daging yang halal untuk menjaga kesehatan jantung.

Hal yang harus kamu hindari untuk menerapkan pola hidup sehat yaitu memakan makanan yang tinggi kandungan lemak, gula dan garam.

Selain itu, rokok juga dapat berpengaruh untuk kesehatan jantung sehingga membuat pembuluh darah menyempit. Tentu ini sangat beresiko besar terhadap serangan penyakit jantung.

Untuk itu, disarankan untuk selalu menerapkan pola hidup sehat. Sebagaimana dengan sabda Rasulullah SAW dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Imam Ad-Dailamy yang artinya:

“Lambung manusia itu tempatnya segala penyakit, sedangkan pencegahan itu pokok dari segala pengobatan. Islam sangat memperhatikan kekuatan fisik seorang Muslim sebagaimana memperhatikan kekuatan iman seseorang.”

  1. Membaca do’a ketenangan

Seperti yang telah kami jelaskan di atas bahwa jantung yang berdebar tiba-tiba bisa jadi disebabkan karena perasaan yang tidak tenang atau penuh dengan kecemasan.

Oleh karena itu, sebagai umat muslim jika mengalami hal seperti itu maka hendaknya berdo’a dan berdzikir untuk menenangkan hatinya.

Sebagaimana dalam firman Allah SWT dalam QS Al-Baqarah ayat 250:

See also  Mata Kiri Atas kedutan Menurut Islam dan Kepercayaan Orang Jawa

…قَالُواْ رَبَّنَآ أَفۡرِغۡ عَلَيۡنَا صَبۡرًا وَثَبِّتۡ أَقۡدَامَنَا وَٱنصُرۡنَا عَلَى ٱلۡقَوۡمِ ٱلۡكَٰفِرِينَ

wa lammaa barozuu lijaaluuta wa junuudihii qooluu robbanaaa afrigh ‘alainaa shobrow wa sabbit aqdaamanaa wangshurnaa ‘alal-qoumil-kaafiriin

“…. Mereka berdoa, “Ya Tuhan kami, limpahkanlah kesabaran kepada kami, kukuhkanlah langkah kami dan tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir.”
(QS. Al-Baqarah 2: Ayat 250)

Akhir kata

Mungkin itulah penjelasan artikel mengenai penyebab dan cara untuk mengatasi jantung berdebar tiba-tiba menurut islam, semoga bermanfaat.