Tidak Boleh Potong Kuku Menjelang Idul Adha? Ini Dia Penjelasannya

Tidak Boleh Potong Kuku Menjelang Idul Adha?

Hari 10 Dzulhijjah sudah dekat. Idul Adha segera tiba. Beberapa umat Islam yang mampu secara finansial pun berlomba-lomba untuk melaksanakan kurban sesuai anjuran islam.

Jika kamu berniat untuk melaksanakannya juga, jangan lupa untuk menunaikan Sunnah Kurban. Disunnahkan sebelum hari penyembelihan untuk tidak memotong kuku dan rambut.

Selain itu, masih banyak sunnah mengenai penyembelihan hewan kurban yang jika diterapkan akan menambah pahala dan menyempurnakan ibadah kurban.

pada tangal 7 juni 2014, pemerintah sudah melaksanakan sidang isbat awal bulan dzulhijah juga penetapan hari raya Idul Adha 1445 H.

sebagai umat muslim, kita pasti sudah tahu betul kalo Idul Adha identik dengan penyembelihan hewan Kurban. hal itulah yang menyebabkan hari raya Idul Adha disebut juga dengan Hari Raya Kurban.

Apakah Boleh Memotong Kuku Menjelang Idul Adha?

ada beberapa pendapat yang mengatakan bahwa memotong kuku dan rambut menjelang idul adha di perbolehkan dan adapula yang tidak memperbolehkan.

beberapa pendapat hukum terkait memotong kuku dan rambut sudah menjadi suatu yang umum dikalangan para ulama. perbedaan ini terdapat pada pemahanan hadis Riwayat Ummu Salamah, bahwa Rasulullah SAW Bersabda:

إذا دخل العشر من ذي الحجة وأراد أحدكم أن يضحي فلا يمس من شعره ولا بشره شيئا حتى يضحي

Artinya: “Apabila sepuluh hari pertama Dzulhijjah telah masuk dan seorang di antara kamu hendak berkurban, maka janganlah menyentuh rambut dan kulit sedikitpun, sampai (selesai) berkurban,” (HR Ibnu Majah, Ahmad, dan lain-lain).

pendapat yang pertama  mengatakan Bahwa Rasulullah SAW melarang orang orang yang berkurban untuk memotong kuku dan rambutnya. larangan itu dimulai pada awal sepuluh hari pertama pada bulan Dzulhijjah.

sementara pendapat lain mengatakan bahwa yang merupakan larangan itu bukan memotong rambut orang yang berkurban atau memotong kukunya. melainkan bulu dan kuku hewan yang ingin dikurbankan.

READ  Cara Mengucapkan Hari Raya Idul Adha Pada Sesama Muslim

wallahualam bishawab

demikian pembahasan terkait apakah boleh memotong kuku dan rambut menjelang idul adha yang dapat kami sampaikan kali ini semoga dengan adanya informasi ini dapat membantu dan bermanfaat.