Bacaan Sholawat Masyisyiyyah dan Keutamaannya

Bacaan Sholawat Masyisyiyyah dan Keutamaannya

Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan sebuah artikel yang akan menjelaskan tentang sholawat Masyisyiyyah, jika Kamu belum mengetahui sholawat Masyisyiyyah itu seperti apa, silahkan simak artikel berikut ini dengan baik.

Sholawat adalah salah satu jenis bentuk ibadah kita atau amalan yang di anjurkan untuk kita baca dan di tujukan kepada nabi kita yaitu nabi Muhammad Saw.

Ada sebagian yang menyebutnya bahwasannya sholawat adalah ibadah yang unik yang mana sholawat adalah ibadah satu satunya yang telah Allah perintahkan kepada kita khususnya umat nabi Muhammad bahkan Allah pun ber sholawat kepada nabi.

Dalam Islam banyak sekali ibadah ibadah yang Allah anjurkan seperti sholat, berpuasa, zakat, haji, dan salah satunya adalah sholawat. Kenapa sholawat di anjurkan, karena dengan sholawat kita akan mendapatkan syafaat dari nabi kita yaitu nabi Muhammad Saw.

Apa itu syafaat? syafaat adalah pertolongan dimana ketika kita di Padang Mahsyar dan amal kita di hitung yang mana hasilnya akan sesuai dengan amal perbuatan selama kita di dunia. Maka dengan syafaat lah kita akan di tolong karena itu satu satunya yang kita butuhkan ketika di Padang Mahsyar nanti.

Sholawat juga bisa di artikan sebagai doa, dan juga sholawat adalah sebagai bentuk pujian kita kepada nabi Muhammad Saw. Sholawat dari Allah SWT kepada nabi kita itu di artikan sebagai sebuah keridhoan. Sedangkan para malaikat berdoa atau bersholawat kepada nabi itu adalah sebuah doa dan juga istighfar. Dan kita umatnya bersholawat kepada nabi adalah doa dan rasa agung kepada nabi Muhammad.

Sholawat juga banyak jenisnya, ada sholawat Jibril, sholawat Syifa, sholawat Nahdliyyin, dan masih banyak lagii. Namun yang akan kita bahas kali ini adalah sholawat Masyisyiyyah.

Keutamaan Sholawat Masyisyiyyah

Berikut ini adalah sholawat Masyisyiyyah dan juga keutamaan apa saja yang kita dapat ketika membaca sholawat tersebut:

READ  Tata Cara Shalat Tahajud: Niat, Do'a dan Keutamaannya

Sejarah dari sholawat Masyisyiyyah sebenarnya adalah di ambil dari nama pengarang atau yang menyusun sholawat tersebut yaitu yang bernama Ibnu Masyisyi yaitu seorang wali yang berasal dari negara Maroko. Beliau lahir pada tahun 1198 M atau pada tahun 599 H.

Beliau juga sangat terkenal di negara Maroko dan juga memiliki kedudukan yang sangat dihormati oleh masyarakat nya. Beliau memiliki nama asli yaitu Sayyid Abdussalam bin Masyisyi.

Menurut Syekh Yusuf bin Ismail an-nabhani menjelaskan bahwasannya barang siapa yang membaca atau mengamalkan sholawat Masyisyiyyah ini maka orang tersebut akan diberikan hati yang ikhlas dan segala urusannya akan Allah permudah. Hak tersebut di jelaskan yaitu dalam sebuah kitab yang bernama Mufarrijul kurub wa mufarrihul qulub.

Selain itu, jika kita mengamalkan sholawat tersebut maka kita akan terhindar dari segala macam bahaya, keburukan keburukan dan juga dari berbagai macam penyakit. Kita akan mendapatkan hal atau keutamaan tersebut jika kita mengamalkan sholawat tersebut dengan hati yang sangat ikhlas dan juga jujur dan kamu juga harus rutin membacanya.

Bacaan Sholawat Masyisyiyyah

Adapun bacaan dari sholawat Masyisyiyyah ini para ulama sepakat yaitu:

اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلَى مَنْ مِنْهُ انْشَقَّتِ الْأَسْرَارُ، وَانْفَلَقَتِ الْأَنْوَارُ، وَفِيْهِ ارْتَقَتِ الْحَقَائِقُ، وَتَنَزَّلَتْ عُلُومُ اٰدَمَ فَأَعْجَزَ الْخَلَائِقَ، وَلَهُ تَضَاءَلَتِ الْفُهُومُ فَلَمْ يُدْرِكْهُ مِنَّا سَابِقٌ وَلَا لَاحِقٌ، فَرِيَاضُ الْمَلَكُوْتِ بِزَهْرِ جَمَالِهِ مُوْنِقَةٌ، وَحِيَاضُ الْجَبَرُوتِ بِفَيْضِ أَنْوَارِهِ مُتَدَفِّقَةٌ، وَلَا شَيْءَ إِلَّا وَهُوَ بِهِ مَنُوْطٌ. إِذْ لَوْلَا الْوَاسِطَةُ لَذَهَبَ كَمَا قِيلَ الْمَوْسُوطُ، صَلَاةً تَلِيقُ بِكَ مِنْكَ إِلَيْهِ كَمَا هُوَ أَهْلُهُبِهَ

اَللّٰهُمَّ إِنَّهُ سِرُّكَ الْجَامِعُ الدَّالُ عَلَيْكَ، وَحِجَابُكَ الْأَعْظَمُ الْقَائِمُ لَكَ بَيْنَ يَدَيْكَ. اَللّٰهُمَّ أَلْحِقْنِيْ بِنَسَبِهِ، وَحَقِّقْنِي بِحَسَبِهِ، وَعَرِّفْنِي إِيَّاهُ مَعْرِفَةً أَسْلَمُ بِهَا مِنْ مَوَارِدِ الْجَهْلِ، وَأكْرَعُ بِهَا مِنْ مَوَارِدِ الْفَضْلِ، وَاحْمِلْنِيْ عَلَى سَبِيْلِهِ إِلَى حَضْرَتِكَ، حَمْلًا مَحْفُوْفًا بِنُصْرَتِكَ. وَاقْذِفْ بِيْ عَلَى الْبَاطِلِ فَأَدْمَغَهُ. وَزُجَّ بِيْ فِيْ بِحَارِ الْأَحَدِيَّةِ. وَانْشُلْنِيْ مِنْ أوْحَالِ التَّوْحِيْدِ. وَأغْرِقْنِيْ فِيْ عَيْنِ بَحْرِ الْوَحْدَةِ حَتَّى لَا أَرَى وَلَا أَسْمَعَ وَلَا أَجِدَ وَلَا أُحِسَّ إِلَّا بِهَا

READ  Do'a Sebelum Tidur Sesuai Sunnah dan Hadist

وَاجْعَلِ اللّٰهُمَّ الْحِجَابَ الْأَعْظَمَ حَيَاةَ رُوْحِيْ، وَرُوْحَهُ سِرَّ حَقِيقَتِيْ، وَحَقِيْقَتَهُ جَامِعَ عَوَالِمِيْ بِتَحْقِيْقِ الْحَقِّ الْأَوَّلِ. يَا أَوَّلُ يَا اٰخِرُ يَا ظَاهِرُ يَا بَاطِنُ. اِسْمَعْ نِدَائِيْ بِمَا سَمِعْتَ نِدَاءَ عَبْدِكَ زَكَرِيَّا. وَانْصُرْنِيْ بِكَ لَكَ، وَأَيِّدْنِيْ بِكَ لَكَ، وَاجْمَعْ بَيْنِي وَبَيْنَكَ، وَحُلْ بَيْنِيْ وَبَيْنَ غَيْرِكَ. اللهُ، اللهُ، اللهُ. إِنَّ الَّذِيْ فَرَضَ عَلَيْكَ الْقُرْاٰنَ لَرَادُّكَ إِلَى مَعَادِ. رَبَّنَا اٰتِنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً وَ هَيِّئْ لَنَا مِنْ أَمْرِنَا رَشَدًا. سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُونَ، وَسَلامٌ عَلَى الْمُرْسَلِينَ، وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ

Akhir kata

Itulah tadi artikel mengenai sholawat Masyisyiyyah dan keutamaan yang kita dapat ketika membacanya. Semoga membantu terimakasih.