Takut Mati Apakah Gangguan Jin?

Takut Mati Apakah Gangguan Jin?

Takut mati apakah gangguan Jin? Jika diantara kamu ingin mengetahui penjelasannya, silahkan simak ulasan artikel ini sampai selesai.

Pada dasarnya setiap makhluk hidup yang bernyawa akan merasa mati dan kembali kepada Allah SWT sesuai dengan isi surat Ali-Imran ayat 185, Allah SWT berfirman:

كُلُّ نَفۡسٍ ذَآئِقَةُ ٱلۡمَوۡتِ ۗ وَإِنَّمَا تُوَفَّوۡنَ أُجُورَكُمۡ يَوۡمَ ٱلۡقِيَٰمَةِ ۖ فَمَن زُحۡزِحَ عَنِ ٱلنَّارِ وَأُدۡخِلَ ٱلۡجَنَّةَ فَقَدۡ فَازَ ۗ وَمَا ٱلۡحَيَٰوةُ ٱلدُّنۡيَآ إِلَّا مَتَٰعُ ٱلۡغُرُورِ

kullu nafsing zaaa-iqotul mauut, wa innamaa tuwaffauna ujuurokum yaumal-qiyaamah, fa mang zuhziha ‘anin-naari wa udkhilal-jannata fa qod faaz, wa mal-hayaatud-dun-yaaa illaa mataa’ul-ghuruur

Artinya:”Setiap yang bernyawa akan merasakan mati. Dan hanya pada hari Kiamat sajalah diberikan dengan sempurna balasanmu. Barang siapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga, sungguh, dia memperoleh kemenangan. Kehidupan dunia hanyalah kesenangan yang memperdaya.”(QS. Ali-‘Imran 3: Ayat 185)

Kematian merupakan salah satu ketentuan Allah SWT yang tidak kita ketahui, bahkan sebelum kita dilahirkan ke bumi waktu kematian kita sudah tercatat di lauhul mahfudz. Jadi, tidak ada satu orang pun yang benar-benar mengetahui kematian seseorang, baik itu dokter ataupun peramal sekalipun.

Saat ini masih banyak orang yang takut dengan kematian, karena mendengar dari dakwah-dakwah atau sumber lain yang mengatakan bahwa ketika seseorang mengalami sakaratulmaut sakitnya yang paling sakit dibandingkan dengan penyakit yang ada di dunia.

Sebagaimana dengan hadist Rasullulah yang artinya:”Sakaratulmaut itu sakitnya sama dengan tusukan tiga ratus pedang”.(HR Tirmidzi)

Hal inilah yang membuat sebagian orang merasa ngeri dan merasa ketakutan untuk menghadapi kematiannya.

Sebagaimana Imam Ghazali mengatakan: “Demi Allah, seandainya jenazah yang kalian tangisi bisa berbicara sekejab saja, dan menceritakan (pengalaman sakaratulmautnya) pada kalian. Niscaya, kalian akan melupakan jenazah tersebut dan mulai menangisi diri sendiri.” (Imam Ghazali mengutip Atsar Al-Hasan)

See also  Mengapa Seorang Hamba Harus Memiliki Rasa Cinta Kepada Allah SWT?

Penyebab Manusia Takut Mati

Sebenarnya, ada beberapa faktor lain yang dapat menyebabkan seseorang takut menghadapi kematian. Mari simak alasannya berikut ini.

  1. Belum dekat dengan Tuhan

Semakin dekat dengan Allah SWT, maka semakin meningkat pula iman seseorang. Nah, dengan iman yang kuat maka hal-hal positif akan berdatangan seperti berfikir positif dan percaya kepada Allah termasuk pada kematian.

  1. Kurang bekal dan persiapan

Untuk menghadapi kematian, perbanyak amal jariah dengan keikhlasan hati, karena hanya dengan amal jariyah , ilmu yang dibagikan dan doa anak yang shaleh akan menjadi bekal kelak di akherat.

  1. Menikmati kesenangan duniawi

Tidak sedikit manusia yang mengejar dunia hanya untuk kesenangan semata sampai-sampai membuatnya takut untuk menghadapi kematian. Padahal, dunia hanyalah kesenangan yang menipu dan tempat singgah sementara, sedangakan akhirat tempat tinggal yang kekal (abadi).

Maka dari itu, belajarlah berhenti mengejar dunia, buatlah dunia mengejarmu!

Takut Mati Apakah Gangguan Jin?

Tanpa kita sadari, Jin seringkali memengaruhi jiwa manusia. Dan bisa jadi takut dengan kematian salah satu gangguannya.

Jin bisa masuk ke dalam tubuh manusia guna memengaruhi manusia, misalnya seperti:

  1. Mengganggu psikis manusia

Jika kondisi perasaan dan jiwa seseorang kurang bagus, maka Jin bisa dengan mudah untuk masuk ke dalam tubuh manusia. Nah, masuknya Jin tersebut ke dalam tubuh memberikan pengaruh dan bisikan buruk kepada manusia sehingga membuat seseorang takut dengan kematian.

  1. Menggoyahkan iman manusia

Gangguan Jin paling berbahaya yakni yang mampu menggoyahkan iman manusia. Terlebih lagi jika iman seseorang lemah, maka Jin akan dengan mudah masuk ke tubuh manusia dan membisikkan kejahatan sehingga mempengaruhi pikiran manusia, sampai-sampai membuat seseorang takut akan kematian.

  1. Mengganggu pikiran manusia
See also  Definisi Etos Kerja dalam Islam

Orang yang memiliki kepintaran ilmu pengetahuan tapi tidak dibarengi dengan ilmu agama juga membuka jalan untuk Jin masuk ke tubuhnya hingga mempengaruhi pikirannya.

Karena jika tidak memiliki pengetahuan agama pada seseorang maka bisa jadi dapat menghasilkan pemikiran dan pola pikir yang tidak sesuai dengan ajaran islam atau tidak sesuai dengan Al-Qur’an.

Akhir kata

Mungkin itulah penjelasan artikel tentang pertanyaan Takut Mati Apakah Gangguan Jin?. Wallahu alam Bishawab. Semoga paparan artikel di atas dapat bermanfaat.