Bagi kamu yang sering melakukan shalat tahajud tentunya sudah tidak asing lagi mengenai tata cara sholat tahajud 4 rakaat tersebut.

Shalat tahajud merupakan salah satu shalat sunah yang sangat di anjurkan untuk dikerjakan pada waktu malam hari.

Dimana shalat ini dapat di kerjakan ketika sudah terbangun dari tidur dan sudah mengerjakan shalat isya.

Batasan waktu terakhir dalam melaksanakan shalat tahajud yaitu sampai menjelang terbitnya fajar atau memasuki shalat subuh.

Untuk pelaksanaan shalat yang satu ini dilakukan secara munfarid (tanpa berjamaah). Sedangkan untuk minimal rakaat shalat tersebut yaitu sebanyak 2 rakaat.

Namun di dalam artikel kali ini kami akan menjelaskan mengenai tata cara shalat tahajud 4 rakaat yang dapat kamu amalkan.

Tata Cara Sholat Tahajud 4 Rakaat yang Harus Kamu Tahu

Selain tahajud dapat dikerjakan dua rakaat ternyata juga dapat di kerjakan empat rakaat satu salam, perbedaannya dengan sholat tahajud dua rakaat yaitu terletak pada niat yang di bacanya. Sementara untuk tata cara sholat tahajud ini hampir sama.

Adapun tata cara sholat tahajud 4 rakaat yang harus kamu ketahui yaitu sebagai berikut:

1. Membaca Niat

Untuk shalat tahajud 4 rakaat ini bisa di kerjakan setiap 2 rakaat satu kali salam atau 4 rakaat sekaligus dengan 1 kali salam .

  • Niat Shalat Tahajud setiap 2 rakaat salam:

أصَلَّى سُنَّةَ التَّهَجُدِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى

Artinya: “Aku niat shalat sunat tahajud 2 rakaat karena Allah ta’ala”.

  • Niat shalat tahajud setiap 4 rakaat salam:

أصَلَّى سُنَّةَ التَّهَجُدِ أَرْبَعَ رَكَعَاتٍ لِلَّهِ تَعَالَى

Artinya: “Aku niat shalat sunat tahajud 4 rakaat karena Allah ta’ala”.

2. Takbiratul Ihram

Takbiratul ihram ini dilakukan dengan mengangkat kedua tangan sembari mengucapkan takbir .

اللَّهُ أَكْبَرُ

READ  Jantung Berdebar Tiba Tiba Menurut Islam

Artinya: “Allah maha besar”.

3. Membaca Doa Iftitah

كَبِيْرًا وَالْحَمْدُ لِلّهِ كَثِيْرًا وَسُبْحَانَ اللهِ بُكْرَةً وَاَصِيْلًا. اِنِّى وَجَّهْتُ وَجْهِيَ لِلَّذِيْ فَطَرَالسَّمَاوَاتِ وَالْاَرْضَ حَنِيْفًا مُسْلِمًا وَمَا اَنَا مِنَ الْمُشْرِكِيْنَ. اِنَّ صَلَاتِيْ وَنُسُكِيْ وَمَحْيَايَ وَمَمَاتِيْ لِلّهِ رَبِّ الْعَا لَمِيْنَ. لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَبِذَلِكَ اُمِرْتُ وَاَنَا مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ.

Artinya: “Allah maha besar dengan sebesar besarnya,segala puji bagi Allah dengan ujian yang banyak. Maha suci Allah pada waktu pagi dan petang. Sesungguhnya aku hadapkan wajahku kepada Allah yang telah menciptakan langit dan bumi dengan segenap kepatuhan atau dalam keadaan tunduk, dan aku bukanlah dari golongan orang orang yang menyekutukan-nya. Sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidup dan mati ku hanyalah untuk Allah tuhan semesta alam,yang tidak ada sekutu baginya. Dengan yang demikian itulah aku di perintahkan. Dan aku adalah termasuk orang orang muslim”.

  1. Membaca Surat Al-fatihah.
  2. Membaca Surat Pendek

Nantinya kamu dapat membaca salah satu surat pendek yang ada di dalam Alquran.

  1. Rukuk

سُبْحَانَ رَبِّيَ العَظِيْمِ

Artinya : “Maha suci rabb-ku yang maha agung”.

  1. I’tidal

سَمِعَ اللهُ لِمَنْ حَمِدَهُ

Artinya: “Aku mendengar orang yang memujinya”.

رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ مِلْءَ السَّمَوَاتِ وَمِلْءَ الْأَرْضِ وَمِلْءَ مَا شِئْتَ مِنْ شَيْءٍ بَعْدُ.

Artinya: “Ya Allah tuhan kami! Bagi-mu lah segala puji, sepenuh langit dan bumi, sepenuh barang yang kau kehendaki sesudah itu”.

  1. Sujud

سُبْحَانَ رَبِّيَ الْأَعْلَى وَبِحَمْدِهِ

Artinya: “Maha suci rabb-ku yang maha tinggi, dan memuji lah aku kepadanya”.

  1. Duduk di Antara Dua Sujud

رَبِّ اغْفِرْلِيْ وَارْحَمْنِيْ وَاجْبُرْنِيْ وَارْفَعْنِيْ وَارْزُقْنِيْ وَاهْدِنِيْ وَعَافِنِيْ وَاعْفُ عَنِّيْ

Artinya: “Ya Allah, Alhamdulillah segala kekuranganku dan angkatlah derajatku dan berilah rezeki kepadaku, dan berilah aku petunjuk dan berilah kesehatan padaku dan berilah ampunan kepadaku”.

  1. Sujud Kedua

Untuk sujud bacaan sujud kedua ketiga dan keempat ini dilakukan sama persis seperti pada saat sujud pertama.

READ  Arti Mimpi Seseorang yang Kita Sukai dalam Islam

11. Berdiri Untuk Mengulang Rakaat Kedua Sampai Keempat

Nah, seperti yang sudah kita ketahui bacaan pada saat mengulang rakaat selanjutnya sama seperti sebelumnya.

  1. Tasyahud Akhir

Jika kamu melakukan salat tahajud 4 rakaat sekaligus, maka kamu tidak perlu menggunakan tasyahud awal dan langsung membaca tasyahud akhir di rakaat yang ke empat.

التَّحِيَّاتُ الْمُبَارَكَاتُ الصَّلَوَاتُ الطَّيِّبَاتُ لِلَّهِ السَّلاَمُ عَلَيْكَ أَيُّهَا النَّبِىُّ وَرَحْمَةُ اللَّهِ وَبَرَكَاتُهُ السَّلاَمُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِ اللَّهِ الصَّالِحِينَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللَّهِ أَللهُمَّ صَلِّ عَلى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ ، وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ ، كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيمَ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيمَ ، وبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ ، وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ ، كَمَا بَارَكْتَ عَلَى سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيمَ ، وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيمَ ، إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ.

Artinya: “Segala ucapan selamat, keberkahan, sholawat dan kebaikan adalah bagi Allah. Mudah-mudahan kesejahteraan dilimpahkan kepadamu wahai nabi beserta rahmat Allah dan berkah-nya. Mudah-mudahan kesejahteraan dilimpahkan pula kepada kami Dan kepada seluruh hamba Allah yang Shalih. Aku bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang berhak disembah melainkan Allah, dan aku bersaksi bahwa Muhammad itu adalah utusan Allah. Ya Allah aku sampai sholawat kepada junjungan kita Nabi Muhammad, serta kepada keluarga. Sebagaimana engkau telah berkahi kepada junjungan kita Nabi Ibrahim, serta keberkahan yang dilimpahkan kepada keluarga Nabi Ibrahim. Engkaulah yang Maha terpuji lagi maha kekal”.

  1. Salam

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ

Artinya: “Salam dan rahmat Allah (semoga tercurahkan) bagi kalian semua”.

Setelah kamu mengucapkan salam terakhir, maka kamu akan dianjurkan untuk berdzikir membaca istighfar, tasbih, tahmid, takbir serta sholawat. Baru setelah itu diteruskan dengan membaca doa setelah salat tahajud.

  1. Doa Shalat Tahajud
READ  Firasat Hamil Anak Laki Laki Menurut Islam dan Sains

اَللّٰهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ مَالِكُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَاءُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ مُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ
اَللّٰهُمَّ لَكَ اَسْلَمْتُ وَبِكَ اَمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَاِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْلِيْ مَاقَدَّمْتُ وَمَا اَخَّرْتُ وَمَا اَسْرَرْتُ وَمَا اَعْلَنْتُ وَمَا اَنْتَ اَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ، اَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَاَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لاَاِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ، وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ.

Artinya: “Ya Allah, bagi-mu lah segala puji. Engkau-lah penegak dan penerus langit dan bumi serta makhluk yang berada di dalamnya. Bagi-mu lah segala puji, Engkau-lah raja penguasa langit dan bumi serta makhluk yang berada di dalamnya. Bagi-mu lah segala puji. Engkau-lah cahaya langit dan bumi serta makhluk yang berada di dalamnya. Bagi-mu lah segala puji Engkau-lah yang haq (benar), janji-mu lah yang benar, pertemuan dengan-mu adalah benar, perkataan-mu benar, surga itu benar, neraka itu benar, para nabi itu benar, Nabi Muhammad SAW itu benar dan hari kiamat itu benar.
Ya Allah, hanya kepada-mu lah aku berserah diri, hanya kepada-mu lah aku rindu, dan hanya kepada-mu lah aku berhukum. Oleh karena itu ampunilah segala dosaku, yang telah kulakukan dan yang (mungkin) akan kulakukan, yang kurahasiakan dan yang kulakukan secara terang-terangan, dan dosa-dosa lainnya yang engkau lebih mengetahuinya daripada aku. Engkau-lah yang Maha terdahulu dan Engkau-lah yang Maha terakhir. Tak ada Tuhan selain engkau, dan tak ada daya upaya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah”.

Akhir Kata

Demikianlah penjelasan yang dapat kami sampaikan mengenai tata cara sholat tahajud 4 rakaat, semoga bisa bermanfaat.

Write A Comment

Pin It