Tipu Daya Wanita dalam Surah Yusuf, ini Penjelasannya!

Tipu Daya Wanita dalam Surah Yusuf, ini Penjelasannya!

Baik, pada artikel kali ini kami akan membahas tentang Tipu Daya Wanita dalam Surah Yusuf. Jika kamu penasaran dengan penjelasannya, silahkan simak ulasan artikel ini sampai selesai.

Pernahkah kamu mendengar bahwa tipu daya wanita lebih dahsyat dibandingkan dengan tipu daya syaitan? Mengapa bisa dikatakan demikian? Padahal, wanita merupakan makhluk yang lemah dan bahkan tidak memiliki kekuatan sebesar syaitan. Bagaimana bisa kekuatan lemah seorang wanita bisa menjadi ancaman besar bagi manusia?

Faktanya, wanita memiliki sebuah kekuatan yang lebih besar daripada syaitan untuk mempengaruhi manusia. Tidak sedikit pria yang hancur karena tipu daya wanita. Sebagaimana dalam sebuah hadist dijelaskan dibawah ini:

مَا تَرَكْتُ بَعْدِيْ فِتْنَةً أَضَرَّ عَلَى الرِّجَالِ مِنَ النِّسَاءِ (رواه البخاري)

Artinya:“Tidak ada fitnah yang aku tinggalkan setelahku yang lebih berbahaya bagi laki-laki daripada fitnah wanita.” (HR. al-Bukhari ).

Untuk itu, syaitan memiliki tujuan yang dapat menjerumuskan manusia agar menjadi pengikutnya sehingga turut bersamanya menjadi penghuni neraka yang kekal dan abadi.

Banyak sekali muslihat dan tipu daya syaitan yang menjerumuskan manusia dalam dosa. Dan tidak disangka bahwa wanita pun memiliki tipu daya yang dangat dahsyat melebihi kekuatan syaitan untuk mempengaruhi manusia.

Tipu Daya Wanita dalam Surah Yusuf

Seperti yang telah kami jelaskan di atas, banyak sekali laki-laki yang hancur, baik itu berupa karir maupun kehidupan hanya karena seorang wanita. Dan tidak sedikit pula laki-laki yang tergelincir akibat tergoda oleh bujukan dan rayuan wanita sehingga mengorbankan apa yang sudah dia miliki.

Sebagaimana dikisahkan dalam QS Yusuf ayat 28 tentang tipu daya wanita, Allah SWT berfirman:

فَلَمَّا رَءَا قَمِيصَهُۥ قُدَّ مِن دُبُرٍ قَالَ إِنَّهُۥ مِن كَيۡدِكُنَّ ۖ إِنَّ كَيۡدَكُنَّ عَظِيمٞ

See also  Hadits Adab Murid terhadap Guru yang Perlu Kamu Ketahui

fa lammaa ro-aa qomiishohuu qudda ming duburing qoola innahuu ming kaidikunn, inna kaidakunna ‘azhiim

Artinya:”Maka ketika dia (suami perempuan itu) melihat baju gamisnya (Yusuf) koyak di bagian belakang, dia berkata, “Sesungguhnya ini adalah tipu dayamu. Tipu dayamu benar-benar hebat.””(QS. Yusuf 12: Ayat 28)

Kandungan dari ayat tersebut diambil dari kisah nabi Yusuf AS yang difitnah oleh Zulaikha istri dari mentri Al Aziz bahwa ia telah dilecehkan oleh nabi Yusuf As.

Padahal kenyataannya tidak, jika nabi Yusuf melecehkan Zulaikha otomatis baju nabi Yusuf akan sobek pada bagian depan, tapi ini sebaliknya. Baju nabi Yusuf sobek pada bagian belakang. Disinilah Al Aziz menyatakan bahwa berapa kuatnya tipu daya yang dibuat oleh Zulaikha melalui perkataannya.

Pada ayat tersebut sudah terbukti kebusukan sifat wanita yang menggoda lelaki yang jelas-jelas bukan mahramnya, sungguh itu merupakan suatu hal yang tercela dan dilarang oleh Allah SWT.

Allah SWT berfirman:

قَالَ رَبِّ ٱلسِّجۡنُ أَحَبُّ إِلَيَّ مِمَّا يَدۡعُونَنِيٓ إِلَيۡهِ ۖ وَإِلَّا تَصۡرِفۡ عَنِّي كَيۡدَهُنَّ أَصۡبُ إِلَيۡهِنَّ وَأَكُن مِّنَ ٱلۡجَٰهِلِينَ

qoola robbis-sijnu ahabbu ilayya mimmaa yad’uunaniii ilaiih, wa illaa tashrif ‘annii kaidahunna ashbu ilaihinna wa akum minal-jaahiliin

“Yusuf berkata, “Wahai Tuhanku! Penjara lebih aku sukai daripada memenuhi ajakan mereka. Jika aku tidak Engkau hindarkan dari tipu daya mereka, niscaya aku akan cenderung untuk (memenuhi keinginan mereka) dan tentu aku termasuk orang yang bodoh.”” (QS. Yusuf 12: Ayat 33)

Tidak hanya itu, ada juga yang menganggap bahwa wanita lebih berbahaya dari tipu daya syaitan, karena tidak sedikit laki-laki yang lemah iman karena wanita, sebagaimana dalam QS An-Nisa ayat 76 dituliskan:
Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman:

See also  3 Hadits Tentang Teman yang Baik, Wajib Kamu Pahami

ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ يُقَٰتِلُونَ فِي سَبِيلِ ٱللَّهِ ۖ وَٱلَّذِينَ كَفَرُواْ يُقَٰتِلُونَ فِي سَبِيلِ ٱلطَّٰغُوتِ فَقَٰتِلُوٓاْ أَوۡلِيَآءَ ٱلشَّيۡطَٰنِ ۖ إِنَّ كَيۡدَ ٱلشَّيۡطَٰنِ كَانَ ضَعِيفًا

allaziina aamanuu yuqootiluuna fii sabiilillaah, wallaziina kafaruu yuqootiluuna fii sabiilith-thooghuuti fa qootiluuu auliyaaa-asy-syaithoon, inna kaidasy-syaithooni kaana dho’iifaa

“Orang-orang yang beriman, mereka berperang di jalan Allah, dan orang-orang yang kafir berperang di jalan Tagut, maka perangilah kawan-kawan setan itu (karena) sesungguhnya tipu daya setan itu lemah.” (QS. An-Nisa’ 4: Ayat 76).

Ada tiga hal yang dapat melemahkan keimanan kaum laki-laki, diantaranya adalah harta, tahta dan wanita.

Mungkin laki-laki bisa menghindari perbuatan keji seperti membunuh, berjudi, dan atau mabuk minuman keras yang merupakan tipu daya syaitan. Namun, kenyataannya banyak lelaki beriman yang terjerumus pada kemaksiatan dalam pesona tipu daya wanita.

Banyak sekali yang bertekuk lutut seolah-olah tidak berdaya dan tunduk pada wanita akibat perbuatan wanita yang penuh dengan pesona sehingga membuat banyak lelaki terlena.

Oleh karena itulah dikatakan bahwa tipu daya wanita lebih dahsyat daripada tipu daya syaitan. Karena seolah-olah godaan syaitan lebih mudah dihindari ketimbang dari godaan wanita.

Tapi perlu diketahui bahwa islam tidak menyudutkan wanita dengan mengatakan bahwa wanita adalah fitnah terbesar bagi kaum lelaki.

Justru, disini islam menunjukkan bahwa berapa hebatnya pesona kaum wanita yang bisa mematikwn kaum lelaki sehingga harus bisa menjaga diri dan menutup aurat sebaik-baiknya.

Akhir kata

Itulah penjelasan dari tipu daya wanita dalam surah Yusuf yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.