5 Arti Mimpi Bertemu Orang yang Sudah Meninggal Menurut Islam

Arti Mimpi Bertemu Orang yang Sudah Meninggal Menurut Islam
Arti Mimpi Bertemu Orang yang Sudah Meninggal Menurut Islam

Apa sih arti mimpi bertemu orang yang sudah meninggal menurut islam? Mau tahu jawabannya? Jika iya silakan bisa simak ulasan artikel ini sampai selesai untuk mengetahui detail informasinya.

Beberapa orang memang kerap mengalami mimpi bertemu dengan orang yang sudah meninggal, baik itu teman dekat, keluar, wali atau ulama atau bahkan memimpikan Rasulullah SAW.

Sebagaimana Ibnu Abbas berkata bahwa roh orang yang hidup dapat bertemu dalam mimpi dengan roh orang yang sudah meninggal.

Nah, ketika semua roh orang meninggal ingin kembali ke dalam tubuhnya, Allah SWT menahan roh tersebut karena telah meninggal di sisi-Nya, dan melepaskan roh orang yang masih hidup ke tubuhnya kembali.

Atau bisa dikatakan juga bahwa pertemuan antara roh yang masih hidup dengan roh yang sudah mati itu sebagai sarana bertukar kabar. Dalam mimpi tersebut, roh yang sudah mati bisa jadi mengabarkan beberapa hal yang belum diketahui oleh orang yang masih hidup seperti:

  • Keadaan mereka di alam Barzah (Alam kubur)
  • Mengenai hartanya yang terpendam dan tidak diketahui siapa-siapa
  • Mengenai hutangnya yang belum dilunasi atau lain sebagainya.

Mimpi Bertemu Orang yang Sudah Meninggal Menurut Islam

Mimpi bertemu orang yang sudah meninggal menurut islam memiliki arti yang bertanda baik atau buruk untuk kehidupan. Berikut adalah arti dari mimpi orang sudah meninggal menurut islam:

1. Penyampaian pesan

Sebagaimana dalam kisah Tsabit bin Qais bin syammas. Ketika meninggal, ia berkata kepada sahabatnya:

“Aku ingin berwasiat padamu. Jangan menganggap ini mimpi belaka yang membuatmu tidak menghiraukan. Kemarin, saat aku menyebarkan, melintasilah seorang laki-laki Muslim, kemudian ia mengambil perisai yang kupakai. Rumahnya ada di paling ujung dan terdapat seekor kuda. Temuilah Khalid bin Walid dan mintalah agar dia mengambil perisai itu dari orang tersebut. Jika kami sudah kembali ke Madinah, sampaikan ke Khalifah Abu Bakar, kamu punya utang dan si fulan, budakmu, telah kamu merdekakan.”

See also  Hadits Adab Murid terhadap Guru yang Perlu Kamu Ketahui

2. Memotivasi untuk berbuat baik

Jika kamu bermimpi seseorang yang sudah meninggal dengan melihat beberapa kebaikan yang orang tersebut lakukan. Maka itu bisa dijadikan motivasi untuk orang yang masih hidup agar melakukan kebaikan itu.

3. Melarang berbuat buruk

Dan sebaliknya, jika kamu bermimpi orang yang sudah meninggal melakukan perbuatan buruk, maka orang tersebut melarang kamu untuk melakukan hal yang sama (perbuatan buruk).

4. Merasa menyesal

Mimpi orang yang sudah meninggal dunia juga merupakan salah satu ciri yang menandakan perasaanmu yang terdalam. Mimpi ini mengindikasikan bahwa kamu merasakan penyesalan karena tidak dapat mengenal orang tersebut dengan baik semasa hidupnya.

Meski demikian, perasaan tersebut justru tidak akan memberikan manfaat, jadi lebih baik kamu do’akan saja agar amal baik dari orang tersebut bisa diterima dengan baik oleh Allah SWT.

5. Ingin di do’akan

Arti terakhir dari orang yang sudah meninggal juga menandakan bahwa sebenarnya orang tersebut meminta untuk di do’akan.

Nah, jika kamu bermimpi ini maka luangkanlah waktumu untuk mengunjungi makamnya dan memanjatkan do’a- do’a terbaik untuk orang tersebut.

Akhir kata

Wallahu’alam bishawab. Mungkin itulah penjelasan artikel mengenai mimpi bertemu orang yang sudah meninggal menurut islam yang dapat kami sampaikan beserta dengan artinya.